adat jawa barat

Adat Jawa Barat>>6 Pakaian Adat Jawa Barat Dan Keunikannya

adat jawa barat

Pakaian adat jawa barat membuat provinsi satu ini menjadi sangat khas. Pakaian adat menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Selain pakaian, Jawa Barat juga di kenal dengan tempat wisatanya yang indah, makanan khas unik dan mojang kece.

Pakaian adat yang di miliki oleh masyarakat di provinsi Jawa Barat cukup beraneka ragam. Setiap jenis pakaian memiliki ciri, filosfi dan keunikan masing-masing. Selain itu, pakaian adat ini di gunakan pun memiliki kegunaan berbeda bergantung acara yang mengikutinya.

Ragam Pakaian Adat

Pakaian adat jawa barat di kenal berdasarkan umur, fungsi dan strata sosial. Secara umum, ada pakaian adat yang digunakan oleh masyarakat biasa, kaum menengah akan terus dilestarikan hingga sekarang. Berikut jenis-jenis pakaian adat jawa barat yang populer:

1. Pangsi

Pakaian adat pangsi identik dengan masyarakat sunda. Pangsi biasanya berwarna serba hitam, mulai dari atasan hingga bawahan. Atasan baju pangsi berupa kemeja dengan kerah tegak. Adapun bawahanya celana panjang longgar tidak melebihi mata kaki.

Pakaian adat pangsi biasanya di pakai oleh masyarakat jawa barat yang memiliki profesi  buruh atau petani. Pakaian pangsi bisa anda sandingkan dengan baju kaos warna putih di bagian dalamnya. Secara filosofis, pakaian adat pangsi memiliki arti kesetiaan dan perdamaian.

2. Kebaya Sunda Jawa Barat

Kebaya Sunda biasanya identik dengan warna cerah seperti merah, ungu, kuning dan putih. Jika di lihat sekilas, kebaya sunda mirip dengan kebaya jawa tengah dan jawa timur. Perbedaanya hanya terlihat pada bagian leher.

Ketika memakai pakaian kebaya, biasanya di sertakan dengan aksesoris cukup banyak. Anda perlu memakai gelang, kalung, giwang dan cincin agar terlihat semakin elok. Tidak lupa juga dengan konde yang diletakan di atas rambut agar terlihat lebih cantik. Kebaya memiliki sebuah simbol kepatuhan, kelembutan dan harga diri perempuan.

3. Bedahan

Pakaian adat bedahan biasanya di pakai oleh para saudagar Jawa Barat untuk sehari-hari. Pakaian bedahan juga di gunakan oleh seorang pemerintah di era modern. Tampilan bedahan tampak lebih mewah di bandingkan dengan pangsi.

Bedahan merupakan pakaian jawa barat sunda yang memiliki warna cerah seperti merah dan putih. Untuk bagian bawahnya biasanya menggunakan kain kebat batik dengan corak bagus. Pakaian adat bedahan bisa di lengkapi oleh beubeur, tutup kepala dan sandal tarumpah.

4. Menak

Pakaian adat menak biasanya di gunakan oleh para bangsawan dan orang-orang terpandang. Tampilan pakaian menak memang lebih mencolok glamor karena dihiasi oleh emas. Adapun warna dasar yang digunakan dalam pakaian adat menak yaitu hitam dengan atasan lengan panjang dan bawahan berupa celana panjang. Pakaian menak di lengkapi dengan sabuk emas, selop warna hitam hingga perhiasan.

5. Mojang Jajaka Jawa Barat

Mojang jajaka merupakan pakaian yang di gunakan dalam acara tertentu di jawa barat. Biasanya di pakai oleh anak muda untuk menampilkan kebudayaan jawa barat kepada masyarakat luas. Tampilannya lebih luews untuk ukuran pakaian adat.

Pilihan warna yang di gunakan oleh mojang jajaka biasanya di buat senanda agar terlihat serasi saat tampil di hadapan masyarakat. Pria biasanya akan menggunakan penutup kepala dan sepatu agar terlihat tetap pantas saat tampil di acara formal.

6. Kebaya Pengantin Jawa Barat

Kebaya adat sunda pengantin sudah tampak modern dan banyak di minati karena tampilannya yang elegan dan cantik. Bisa juga di padukan dengan aksesoris mewah. Pakaian kebaya terinspirasi dari busana putri kerjaan sunda saat masa lampau.

Ada juga bagian aksesoris permata, cincin, kalung dan gelang yang akan membuat kebaya pengantin terlihat lebih mewah. Pada bagian kepala akan ada mahkota perhiasan bernama siger untuk melambangkan kehormatan  dan kebijaksanaan kaum perempuan sunda.

Mempelai pria biasanya menggunakan jas buka prangwedana dengan paduan warna senada. Bawahan kain batik juga menggunakan warna dengan corak sama dengan mempelai perempuan. Di tambah aksesoris penutup kepala dengan hiasan permata dan keris yang di selipkan pada bagian pinggang belakang.

 

 

Selebihnya kalian bisa liat juga di FRIENDVIBES.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *