Gunung Galunggung > 6 Fakta Menarik Gunung Galunggung

gunung galunggung

Gunung galunggung merupakan gunung api dengan ketinggian 2.168 mdpl. Ini terletak sekitar 17 km dari pusat kota tasikmalaya, Jawa Barat.

Gunung ini memiliki 2 puncak yaitu gunung dinding air dan puncak  beukticanar merupakan puncak tertingginya memiliki ketinggian 2240 mdpl. mengutip laman gunung bagging, minggu,1 oktober 2023, kedua puncak tersebut dapat di jangkau dengan cara mendaki melalui jalur yang tersedia.

Galunggung juga mempunyai hutan montane 1.200–1.500 meter dan hutan ericaceous lebih dari 1.500 meter. Masih banyak hal mengenai gunung galunggung selain letak dan ketinggiannya. Berikut enak fakta menarik gunung galunggung yang di rangkum Steveandelon.com dari berbagai sumber pada minggu, 1 oktober 2023.

Berusia Ratusan Ribu Tahun

Di perkirakan galunggung telah berusia ratusan ribu tahun. Gunung Galunggung di ketahui merupakan gunung api yang masih aktif bertipe strato.

Mengutip dari laman magma ESDM, gunung api strato atau stratovolcano adalah gunung api yang tersusun atas perselingan endapan piroklastika dan aliran lava. Gunung Galunggung juga memiliki material yang ketika erupsi akan menyemburkan material dengan volume yang cukup banyak.

Letusan Dahsyat Galunggung

Gunung Galunggung tercatat pernah meletus pada tahun 1818, di tandai kemunculan suara gemuruh dari bawah tanah yang terdengar cukup sering. Kemudian gunung ini juga pernah meletus pada 1822, setelahnya pada tahun 1894 yang sempat menghancurkan 50 desa, sebagian rumah ambruk karena tertimpa hujan abu.

Pada 1918 gunung ini kembali meletus yang diawali dengan gempa bumi. Kemudian letusan terakhir yang terbilang Dahsyat terjadi pada tahun 1982. Aktivitas letusan gunung galunggung berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada 8 januari 1983.

Akses Pendakian Gunung Galunggung Ke Titik Tertinggi Cukup Sulit

Titik tertinggi pegunungan di galunggung yang di kenal sebagai gunung beuti canar merupakan puncak berhutan yang jarang di kunjungi orang. Kadang-kadang klub pendakian pelajar setempat yang menghabiskan beberapa hari untuk mendaki melintasi kawasan yang luas.

Namun bagi sebagian besar pendaki biasa, kawasan ini masih merupakan kawasan yang belum di jelajahi. Akses menuju pegunungan tertinggi cukup sulit, sehingga memerlukan pendakian panjang dari sisi tasikmalaya melalui sungai ci loseh atau rute yang lebih di rekomendasikan dan lebih pendek dari danau talaga boda. Jalur tasik jarang di gunakan, membutuhkan parang dan minimal satu malam berkemah di gunung.

Kawah Gunung Galunggung Jadi Objek Wisata

Mengutip dari laman jalan bareng , Minggu, 1 Oktober 2023, tebing-tebing tinggi, kawah yang hijau dengan udara yang sejuk adalah pemandangan yang di suguhkan di sekeliling puncak galunggung. Kawah galunggung yang indah berwarna hijau terbentuk akibat dari letusan gunung api tersebut.

Untuk mencapai bibir kawah , dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Perlu tenaga ekstra, namun tersedia tempat istirahat di samping tangga naiknya.

Pengunjung  yang penasaran dengan kawah, bisa turun untuk menikmatinya lebih dekat. Tapi lagi-lagi persiapan fisik yang cukup karena harus turun dengan trek tangga yang cukup tinggi.

Setelah lelah naik turun tangga ke puncak gunung galunggung, wisatawan bisa sejenak melepaskan lelah sekaligus relaksasi dengan berendam di pemandian air panas. Kandungan belerang yang ada juga di percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Pemandangan indah yang berbeda di sekelilingnya pun menjadi pelengkap suasana saat berendam. Udara dingin pegunungan menjadi terasa lebih hangat ketika berendam di kolam air panas galunggung.

Air Terjung Galunggung

Curug agung dengan pesona air terjun warna warni dengan ketinggian sekitar 80 meter di kawasan gunung galunggung akan terlihat indah ketika disaksikan saat hari mulai gelap. Yang menjadi daya tariknya adalah rainbow light, yaitu air terjun yang berwarna warni. Warna warni air terjun ini dihasilkan dari lampu yang sengaja di pasang oleh pihak pengelola.

Selain itu ada view deck galunggung yang menjadi magnet wisata baru. Tempat ini menyediakan lokasi untuk melihat pemandangan hutan dan pegunungan yang akan memuaskan para wisatawan.

View deck ini merupakan favorit para pemburu swafoto, karena terdapat background berupa hamparan pegunungan yang hijau dan asri. Pemandangan di malam hari pun tak kalah indah karena wisatawan bisa melihat kerlip lampu yang menyala dan menambah eksotisnya suasana di saat gelap.

 

Selanjutnya kalian bisa juga lihat di FRIENDVIBES.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *