Wisata Kuliner Tasikmalaya Menggoda Lidah

 

wisata kuliner tasikmalay

Wisata Kuliner Tasikmalaya, sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, tidak hanya di kenal karena keindahan alamnya yang mempesona, tetapi juga karena kelezatan kuliner yang menawan. Bagi para penggemar kuliner sejati, Tasikmalaya adalah surga yang tak boleh di lewatkan. Di bawah ini, kami telah merangkum tujuh tempat wisata kuliner di Tasikmalaya yang akan menggugah selera dan menggoda lidah Anda:

Pecel Oranye

Wisata Kuliner Tasikmalaya Jawa Barat yang pertama adalah Pecel Oranye. Memang, pecel merupakan makanan universal yang bisa di nikmati oleh siapa saja  dan sudah banyak di temukan di mana saja terutama di Pulau Jawa.

Namun, ketika berkunjung ke Tasikmalaya, ada yang berbeda dengan menu pecelnya. Di sini ada pecel yang sangat terkenal, yaitu Pecel Oranye. Pecel Oranye ini merupakan salah satu sajian kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1925.

Warung Pecel Oranye memiliki menu andalan pecel dengan bumbu kacang yang sangat nikamat. Rasa Pecel Oranye ini sangat khas, campur-campur antara manis, asam, dan asin. Bumbu pecel ini kemudian di siram di atas sayuran.

Kini warung yang terletak di jalan Empang No. 27, Pasar Mambo, Tasikmalaya ini tidak hanya menjual pecel melainkan juga menjual surabi.

Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat

Wisata Kuliner Tasikmalaya selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Nasi Tutug merupakan makanan khas dari Tasikmalaya yang sangat terkenal, dan salah satu tempat makanan nasi tutug yang paling direkomendasikan adalah Nasi Tutug Oncom Mr Rahmat ini.

Nasi To Mr Rahmat berada di jalan cikarang. Selain nasi tutug oncom, warung ini pun juga menyediakan menu olahan lain khas Sunda yang bisa kamu nikmati ketika berada di tempat makan satu ini.

Nasi Cikur Panyerutan

Wisata Kuliner Tasikmalaya Jawa Barat berikunya adalah Nasi Cikur Panyerutan. Nasi Cikur ini merupakan makanan khas Tasikmalaya. Di jual di salah satu warung yang berada di pertigaan antara jalan Panyerutan dan jalan Tentara Pelajar, Tasikmalaya.

Nasi Cikur merupakan nasi goreng yang di masak dengan menggunakan kencur muda. Cikur adalah kencur dalam bahasa Sunda. Uniknya, kencur yang di gunakan adalah kencur muda atau kencur dengan umbi yang masih putih. Inilah yang menjadikan Nasi Cikur memiliki cita rasa renyah meskipun ada rasa sedikit getir dan aromanya yang wangi.

Tidak lupa, wisata kuliner tasikmalaya ini ditambahkan dengan beragam lauk seperti telur dadar, daging ayam suwir, tahu goreng, serundeng, acar wortel, dan keripik tempe. Saat ke Tasikmalaya Jawa Barat jangan sampai tidak mencoba Nasi Cikur ini. Nasi Cikur yang terkenal adalah racikan Ny. Iyen di kantin 43.

Kupat Tahu Mangunreja

Kupat juga merupakan sajian kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Tasikmalaya. Ketika itu, kuliner ini di jajakan dengan berkeliling sambil dipikul. Namun kini sudah memiliki kedai atau rumah makan.

Walaupun penampilan nya mirip dengan kupat tahu pada umumnya, namun cita rasa kupat tahu mangunreja ini berbeda. Dimana untuk memasak nya masih menggunakan kayu bakar, sehingga memiliki aroma yang khas. Selain itu, penggunaan bumbu kacang yang di buat dengan cara di tumbuk juga membuat cita rasa nya menjadi berbeda dengan yang lainnnya.

Buat kalian yang penasaran dengan sajian kupat tahu ini, bisa langsung menuju Jalan Raya Garut, Mangunreja, Tasikmalaya.

Bubur Ayam Hj. Zaenal

Saat kamu berkunjung ke Tasikmalaya Jawa Barat, pecinta bubur wajib mencoba sajian Bubur Ayam Haji Zaenal. Salah satu wisata Kuliner Tasikmalaya ini sudah sangat terkenal hingga ke luar kota Tasikmalaya.

Merupakan salah satu makanan Legendaris yang ada di Tasikmalaya Jawa Barat, maka engga heran kalo rumah makanan ini selalu ramai pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota Tasikmalaya.

Bubur Haji Zaenal ini sudah ada sejak tahun 1969. Hal unik dari sajian bubur ayam ini adalah tidak terlalu kental alias agak encer. Bubur ini juga di sajikan dengan toping yang melimpah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Buat kamu yang penasaran dengan sajian kuliner legendaris Tasikmalaya ini, bisa langsung menuju ke jalan Kalektoran, Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena sudah sangat terkenal dan menjadi kuliner favorit, kamu jangan sampai kehabisan. Kamu bisa ke sini mulai pukul 6 pagi hingga 2 siang.

LANJUTKAN!!!


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *